Seperti Apa Kehidupan Orang Kidal?

Saya mencari tahu dari berbagai artikel yang mengatakan berapa populasi orang kidal di dunia? Hampir semua menyatakan bahwa populasi orang kidal di dunia cuma 10 persen, sangat sedikit.

Orang kidal disebut left-handed dan orang yang lebih sering menggunakan tangan kanannya disebut right-handed. Kenapa saya tidak menyebut "lebih sering menggunakan tangan kanannya" bukan "orang normal" saja sebagai right-handed? Jika right-handed disebut orang normal, berarti left-handed tidak normal? dan itu artinya saya tidak normal, karena faktanya saya juga kidal. Ya, saya merupakan seorang kidal. Why? mengapa saya kidal?

Bagaimana kehidupan orang kidal?

Jika kalian penasaran seperti apa kehidupan orang kidal, mungkin postingan ini bisa memberikan gambaran pada kalian seperti apa kehidupan orang kidal. Namun sayangnya kehidupan saya yang kidal ini tidak menarik untuk gali. Ya sudah lah, to saya hanya ingin menulis sesuatu tentang diri sendiri.

Orang kidal lebih aktif menggunakan tangan kirinya dibanding tangan kanan. Ya, itu benar. Orang kidal lebih sering menggunakan tangan kiri saat melakukan aktivitas, makanya disebut kidal.

Kenapa orang kidal dianggap berbeda? padahal manusia hakikatnya memiliki dua tangan, kanan dan kiri yang keduanya bisa digunakan untuk apa saja dalam beraktifitas. Itu karena populasi tadi, populasi orang kidal hanya sekitar 10 persen dari seluruh manusia di dunia dan 90 persen adalah right-handed. Itulah kenapa left-handed dianggap berbeda karena right-handed mendominasi populasi dunia, jadi mindset yang terjadi adalah "manusia umumnya beraktifitas menggunakan tangan kanan, bukan tangan kiri"

Saya bukan salah satu dari orang kidal yang ketika menulis menggunakan tangan kiri, tapi saya menulis menggunakan tangan kanan. Hal ini berkaitan dengan sesuatu yang dibiasakan saat pertama kali belajar menulis. Ternyata saya bukan kidal sejati. 😂

Saya menulis menggunakan tangan kanan seperti kebanyakan orang. Ketika belajar sesuatu yang lain seperti memotong sayur atau memotong kayu dengan pisau juga dengan tangan kanan, mencontoh mayoritas orang. Tapi ujung-ujungnya bisa dengan sendirinya tapi menggunakan tangan kiri bukan menggunakan tangan kanan. Padahal saat belajar menggunakan tangan kanan.

Bisa dibilang, saya selalu menggunakan tangan kiri saat melakukan aktifitas kecuali menulis dan makan. Bahkan saat makan kadangkala tanpa saya sadari tiba-tiba sudah beralih menggunakan tangan kiri. Tentu saja karena lebih nyaman.

Biar bagaimanapun juga ketika makan haruslah menggunakan tangan kanan. Itulah yang diajarkan agama. Boleh menggunakan tangan kiri saat melakukan aktifitas tapi tidak dengan aktifitas makan. Perlu dipaksa untuk menajdikannya kebiasaan.

Ada statement yang mengatakan bahwa kenapa mereka bisa kidal, saya juga berstatement kenapa mereka bisa Right-Handed.

Pertama Kali Menyadari Saya Kidal

Saat kecil dulu saya belum paham 'kidal" itu apa, bahkan ketika kakak saya bilang "kok kidal sih" saya sama sekali belum mengerti dengan ucapan itu. Saat itu masih umur 7 tahun kalau tidak salah. Hingga akhirnya saya memahami makna kidal.

Hidup sebagai orang kidal tidaklah buruk, sama halnya dengan right-handed. Hanya saja perlu membiasakan diri menggunakan peralatan yang memang dibuat untuk orang non-kidal. Seperti makan harus menggunakan tangan kanan. Dari kecil saya selalu diajari melakukan sesuatu itu dengan tangan kanan. Dengan kata lain saya selalu berusaha menjadi right-handed, walau hasrat berada di sisi kiri. Membayangkan memotong sayur menggunakan tangan kanan saja sudah terasa aneh.

Saya belum pernah mengalami yang namanya diskriminasi atau ketidak adilan atau pembulian atas kekidalan. Pernah saya sedang memukul paku dengan palu di tembok menggunakan tangan kiri, seseorang heran melihatnya.

Fakta Orang Kidal

Orang Kidal Dominan Otak Kanan

left handed, kidal
Orang kidal justru lebih dominan otak kanan. Otak kanan berfungsi mengendalikan sisi tubuh bagian kiri. Karena lebih dominan otak kanan jadi sisi tubuh bagian kiri lebih aktif dan disebut kidal.

I feel like my soul is on the left side

Makanya orang kidal biasanya pandai dalam hal seni karena fungsi otak kanan tadi yang lebih dominan. Kreatif, imajinatif dan melek seni.

Katanya, jika seseorang dominan menggunakan otak kanan, ciri meja kerjanya cenderung berantakan. Itu benar!

13 Agustus adalah Hari Kidal Internasional

Wah, saya sendiri pada tahun 2019 baru mengetahui ternyata ada juga peringatan semacam ini. Tanggal 13 Agustus diperingati oleh orang-orang kidal sebagai hari kidal internasional. Perayaan ini bermula pada tahun 1976. Tujuan peringatan ini dimaksudkan untuk mempromosikan kesadaran akan ketidaknyamanan di dunia yang didominasi oleh non-kidal.

Lebih Mungkin Menderita Masalah Bahasa

Mungkin benar. Ini bukan fakta yang saya tulis sendiri tapi hanya ngutip. Saya merasa kesulitan dengan bahasa, mungkin juga karena faktor lain.

Orang kidal itu tidak aneh dan bukan suatu bentuk cacat. Orang kidal itu normal. Saya merasa normal. Hanya sedikit populasi orang kidal di dunia yakni hanya sekitar 7-10 persen. Itulah yang membuat orang kidal terkesan unik karena berbeda dari kebanyakan orang.
Amirul Faozi

Amirul Faozi

failed to load the author information

1 comment

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

tinggalkan jejak