5 Dampak Bahaya Kurang Tidur

ngantuk

Selamat Pagi…

Kali ini saya akan bahas apa yang terjadi jika kita kurang tidur terhadap sistem tubuh kita. Ada banyak akibat dari kurang tidur, tetapi mungkin banyak dari kita yang sering mengabaikannya karena mungkin tidak tahu dampak dari hal tersebut.

Akibatnya sering terjadi ketidaknormalan pada tubuh yang berakibat pada penyakit. Pada umumnya, orang dewasa membutuhkan tidur sekitar 7-9 jam perharinya. Dan apabila waktu yang dibutuhkan kurang, maka akan menimbulkan masalah bagi tubuh.

Sebuah riset menyebutkan "kurang tidur hanya 2 jam dari durasi normal saja bisa membuat kita sulit merasakan kebahagiaan yang utuh". Terus Apa saja sih dampak kurang tidur terhadap sistem tubuh kita ? mari simak penjelasannya dibawah…

1. Kurang tidur terhadap hormon kita

Seorang pria dewasa yang tidurnya hanya 4-5 jam sehari akan mengalami penurunan kadar level tertosteronnya yaitu seperti seniornya yg sudah 10 tahun diatas usia mereka. Dan ini juga berlaku pada reproduksi wanita.

2. Kurang tidur terhadap sistem kasdiovaskuler/ Jantung

Kurang tidur juga sering dikaitkan dengan beberapa faktor pemicu penyakit jantung, seperti gula darah tinggi, tekanan darah tinggi, perdagangan dan obesitas. Tidur sangat berperan penting dalam memperbaiki kerusakan pada pembuluh darah dan jantung.

Tidak hanya itu, Orang yg tidur lebih sedikit dari seharusnya dapat memicu kondisi badan lebih strees dan radang pada tubuh. Kurang tidur juga dapat memicu permasalahan dibidang jantung yaitu penyakit jantung koroner, dan metabolisme yang lain. Jadi bisa disimpulkan bahwa kurang tidur sangat berbahaya bagi kondisi jantung kita, dan sebaiknya kita menjaga pola tidur yang cukup ya sob.

3. Pengaruh tidur terhadap kode genetik yaitu DNA

Kurang tidur ini bahkan mengikis jalan kehidupan biologis itu sendiri yaitu kode genetik DNA. Mereka mengambil sekelompok orang dewasa yang sehat jadi tidur mereka hanya dibatasi sekitar 6 jam selama 1 minggu dan kemudian mereka mengukur perubahan profil aktivitas gen mereka dan ada 2 temuan besar disana 2 temuan penting, yaitu temuan

(1) cukup besar dan signifikan 711 gen mengalami distorsi atau gangguan dalam aktivitas nya karena kurang tidur.

(2) separuh dari gen tadi (separuh 711) itu aktivitas nya meningkat dan separuh nya menurun. Gen-gen yang aktivitas nya menurun karna kurang tidur adalah gen yang terkait dengan sistem kekebalan tubuh. Kemudian yang meningkat adalah gen yang terkait dengan promosi tumor, kemudian berkaitan dengan kronik inflamasi
Kemudian ada gen yang berkaitan dengan stress dan konsekuensinya adalah penyakit kasdiovaskuler

4. Kurang tidur terhadap fungsi otak

Ada beberapa dampak bahaya kurang tidur terhadap fungsi otak yaitu salah satunya kurang nya konsentrasi dan penurunan fungsi otak dalam hal penyimpanan memori.

Sebuah Riset dilakukan penelitian 2 kelompok yang satunya cukup tidur dan yg satunya kurang tidur. Dan setelah di tes hasilnya adalah mereka yang tidak cukup tidur mengalami penurunan fungsi otak dalam hal penyimpanan memori sebanyak 40% jadi menurun 40%.

Riset juga membuktikan bahwa “Kurang tidur dapat memperlambat kerja beberapa sel otak. Dipublikasikan oleh Nature Medicine.

Dari dampak negatif tersebut sebaiknya mulai dari sekarang perbaiki jam tidur kalian ya sob. Profesor Matthew Walker, penulis senior dalam study mengatakan bahwa dapat mengidentifikasi fungsi baru tidur nyenyak, yang mengurangi kecemasan semalam dengan mengatur kembali koneksi di otak.

5. Kurang tidur terhadap sistem Kekebalan tubuh

Pada saat tidur, tubuh secara aktif memproduksi zat sitokin. Sitokin adalah zat protektif bagi tubuh yang berfungsi melawan benda asing seperti bakteri dan virus. Dan kekurangan tidur dapat mengakibatkan hambatan bagi pembentukan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya tubuh menjadi gampang terserang bakteri dan virus.

Itulah dampak dari kurang tidur. Sekian yang bisa saya bahas kali ini. Dan selebihnya silakan isi komentar bila ada yang perlu ditanyakan

Yusup ND

Yusup ND

Never Give Up for Himself 😄😝

Post a Comment