Alasan Ngeblog Lagi Setelah Sekian Lama

nolep

Sudah cukup lama rasanya meniggalkan dunia blog. Akhirnya saya ngeblog lagi, tentunya dengan suasana baru.

Kangen juga enggak lihat dashboard blog. Walau kadang merasa syok kerena sama sekali tidak ada orang yang berkunjung untuk baca postingan atau sekedar melihat-lihat. Maklum, saya bukan orang yang pandai menulis, tapi tetap kukuh ngeblog. Saya belum ingin nyerah. 

Dulu pernah punya blog, tapi itu semua sia-sia karena sepinya pembaca. Boro-boro pembaca, pengunjung saja tidak ada.

Ngeblog memang tidak semudah yang di kira, ternyata butuh tenaga ekstra. Susah juga mau nulis, ya. Tantangan terbesar adalah menulis. Bagi orang yang kurang pandai menulis seperti saya, sulitnya minta ampun, rasanya pengin tidur saja. Maksud menulis di sini adalah menulis semacam artikel ilmiah.

"Everything has to be perfect"

Yep! itulah mengapa ngeblog sudah seperti dari jaman jurrasic enggak pernah ada pengunjung. Itu salah. It doesn't need to be perfect, just write

Kita enggak perlu terlalu memikirkan kesempurnaan di blog, apalagi soal tampilan. Ya, ngomongin soal dekorasi memang tidak akan ada habisnya.

Stop wasting time!

Yang perlu kita lakukan hanyalah write, write and write. Tulis saja apa yang memang ingin kita tulis, segera keluarkan pikiran pikiran kita dalam bentuk tulisan. Contohnya seperti tentang ide atau tutorial. Kemudian kemas dalam bentuk artikel dengan tulisan yang menarik, posting deh di blog kita.

Jangan menulis sesuatu yang pada dasarnya kita sendiri tidak tahu, tujuannya agar kita nantinya tahu dan fokus kemana arah pokok tulisan kita. 

Kesalahan terbesar

Sibuk dengan tampilan blog. Dulu saya begitu fanatik dengan tampilan blog, sehingga lupa bahwa "menulis" adalah bagian terpenting jika seseorang disebut sebagai blogger. Dikit-dikit edit tampilan. Kalau sudah begini sudah dipastikan sulit untuk berkembang.

Karya tulis kita ibarat "jantung" nya sebuah blog, kekuatan blog ada di karya tulis blog kita. Pengunjung sejatinya bukan ingin memandangi tampilan blog, tapi membaca konten kita. Apalagi jika konten yang kita sajikan menarik, pasti bakalan betah di blog kita.

Sampai pada akhirnya saya pun memutuskan untuk membeli sebuah buku tentang blogging berjudul BLOGGING: HAVE FUN AND GET THE MONEY. Sekilas tentang buku ini, buku ini berisi tentang ilmu blogging yang ditulis oleh Carolina Ratri. Dia merupakan blogger juga tapi dia senior. Saya juga tulis review tentang bukunya di sini.

Buku ini sedikit mencerahkan pikiran saya seputar blogging, timbul kagi gairah ngeblog. Karena sebenarnya blogging is fun. Ngeblog itu menyenangkan.

So, bagaimana rasanya membaca bualan saya? pengin muntah? taruh saja di kolom komentar.

Amirul Faozi

Amirul Faozi

failed to load the author information

Post a Comment