Menyusuri Sungai Menuju Curug Silangit di Kebumen

Lokasi curug silangit berada di desa Sidoagung, Kecamatan Sruweng, Kebumen, letaknya cukup jauh dari pemukiman dan berada di hutan rindang di tengah pegunungan.

Ceritanya kita bertiga, sudah berteman sejak di SMK. Oke, kita bertiga menaiki sepeda motor dari rumah teman saya di desa sidoagung. Setelah sampai di jalan terakhir yang bisa di lewati menggunakan sepeda motor, kemudian kita parkir sepeda motor di depan rumah kosong kecil yang lumayan seram. brrr

Medan di perjalanan menuju curug silangit ini cukup menantang, kami menyusuri sungai, kurang lebih 1km, nggak nyampai paling. Tips untuk kalian yang mau ke sini, saat musim hujan sungai akan memiliki air yang deras dan terdapat banyak lubang di dasar sungai serta batunya licin. Disarankan untuk berhati jika memilih untuk melewati sungai.

Ahirnya kita sampai di curugnya.

Menuju Curug Silangit
airnya surut

Curug silangit ini merupakan hilir sekaligus sebagai hulu, karena mengalir dari atas dan kubangan air terjun dibawahnya mengalir ke bawah membentuk aliran sungai berdasar batu seperti endapan mineral, kayaknya sih.

Sayangnya nih, karena saya ke sini pas lagi musim kemarau jadi kondisi air terjun nya nggak keliatan, bahkan nggak ada aliran deras air yang terjun bebas. Tapi tak apa, cukup buat ngilangin penat di hari weekend.
Amirul Faozi

Amirul Faozi

failed to load the author information