Alasan Mengapa Perlu Pakai Linux Untuk Penggunaan Sehari-hari

linux
Hai guys, kali ini saya akan bahas tentang sistem operasi Linux. Yang tampaknya kurang diminati dikalangan workstation.

Ya, linux merupakan salah satu sistem operasi yang cukup populer bersanding dengan windows dan macOS. Namun yang membedakan adalah linux bersifat open source yang memungkinkan siapa saja boleh mengembangkan sistem ini.

Gratis

Salah satu alasan kenapa kita harus pake linux adalah sistem operasi ini bersifat freeware.

Freeware atau gratis ini adalah alasan yang paling disorot ketika mendengar tentang sistem operasi yang satu ini.

Jadi kita tidak harus membayar/membeli untuk bisa menggunakan sistem operasi ini (tergantung varian distro, kebanyakan free).

Sebelumnya saya merupakan pengguna windows yang baru saja migrasi menggunakan linux.

Menurut pengalaman saya pribadi, kebanyakan dari distro linux yang ada masih kalah user experience nya dibanding windows atau macOS

Banyak Varian

Seandainya kita mau pilih salah satu distro yang populer, ubuntu. Buat mantan pengguna windows yang baru saja menjajal ubuntu kesannya mungkin sedikit susah. Jika nggak suka atau kurang nyaman dengan layout ubuntu, kita sebenarnya bisa pilih varian ubuntu. Windows menggunakan interface layout desktop klasik di ubuntu pun ada, yang mirip dengan windows adalah KDE (K Desktop Environment) dan juga versi Cinnamon.


Relatif Lebih Aman


Banyak Hardware yang Kompatibel

Untuk saat ini linux udah banyak mendukung banyak hardware dan menurut informasi yang saya dapat linux juga kompatibel dengan hardware lama.

Jadi setelah install sistem operasi linux di komputer atau laptop kita nggak perlu lagi install driver-driver lagi, hampir semua perangkat seperti wifi, bluetooh, ethernet dll sudah otomatis aktif.

Tidak ada alasan lagi untuk Memakai Software Bajakan

Linux itu open source, artinya siapa saja boleh mengembangkan sistem ini dibawah lisensi open source yang berlaku.

Komputer-komputer di kantor atau sekolah juga masih saja ada praktek menggunakan sistem operasi bajakan.

Tapi... Ketersediaan Aplikasi Terbatas

Jika di windows atau macOS kita biasa menggunakan program paket dari microsoft yaitu microsoft office, kemudian ada program populer dari adobe yaitu photoshop, premiere pro, after effect, corel draw, adobe illustrator dll. Di linux, semua itu tidak ada. Padahal program itu sangat populer dan mayoritas digunakan oleh orang di seluruh dunia.

Mengenai hal ini sebenarnya di linux sudah ada alternatif pengganti itu semua dan yang istimewa mereka semua gratis tanpa perlu beli paket programnya terlebih dulu untuk menggunakannya. Memang tidak sebagus microsoft office dan program buatan adobe tapi setidaknya kita tidak perlu untuk memakai versi bajakan.

Lalu kenapa ketersediaan aplikasi linux khususnya untuk menunjang produktifitas sehari-hari masih belum sebanyak seperti windows dan macOS? mungkin juga hal ini disebabkan karena distribusi linux (distro linux) yang sangat banyak dan ekosistem distro nya belum sebesar windows dan macOS. Sayang sekali padahal linux gratis dan linux juga merajai sebagai sistem operasi super komputer di dunia. Ya, menurut  Seandainya saja linux adalah sistem operasi tunggal yang mempunyai arah yang jelas pasti bakal punya ekosistem yang besar. Dan produsen-produsen aplikasi mungkin nantinya akan membuat aplikasi lintas platfrom.

Di linux sendiri sudah ada alternatif pengganti microsoft office yaitu Libre Office dan tentunya juga gratis.
Amirul Faozi

Amirul Faozi

failed to load the author information

Post a Comment